Bakamla RI Gelar Latihan Identifikasi Narkoba di Laut

Kabar7News, Jakarta – Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) melalui Direktorat Latihan berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menyelenggarakan Latihan Bersama Teknik Identifikasi Narkoba di Laut Tahun 2022. Kegiatan diselenggarakan di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang dibacakan Deputi Opslat Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa, CHRMP menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan latihan bersama sebagaimana yang telah diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022. Dimana latihan bersama diselenggarakan guna mendukung tugas operasional penegakan hukum di laut khususnya dalam menangani masalah penyeludupan Narkoba melalui laut.

Sebagaimana telah diketahui bahwa peredaran Narkoba merupakan kejahatan lintas negara yang terorganisir dengan modus operasi yang terus berkembang dan terstruktur, serta didukung oleh jaringan organisasi kriminal atau mafia baik nasional maupun internasional. Tren peredaran Narkoba dari luar negeri ke Indonesia yang semula melalui udara mulai bergeser melalui laut. Oleh karena itu, aparat penegak hukum di laut harus dapat mengantisipasi dan mengetahui bagaimana penanganannya dengan dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman yang tepat tentang permasalahan Narkoba.

“Permasalahan Narkoba di Indonesia tidak bisa ditangani sendiri, diperlukan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan dan juga peran serta masyarakat. Namun sebagai aparat penegak hukum, kita harus siap selalu melawan segala bentuk kejahatan, salah satunya permasalahan Narkoba,” jelasnya.

Kepala Bakamla RI juga menyampaikan dalam isi sambutannya, agar latihan bersama ini dapat memberikan pengetahuan penting bagi para peserta dalam mengenali berbagai jenis Narkoba dan New Psychoactive Subtances (NPS) dan cara mendeteksinya sehingga para petugas di lapangan nantinya memiliki kemampuan dalam menangani kasus Narkoba khususnya di laut serta mewujudkan Indonesia Bebas dari Narkoba (Bersinar).

Latihan diikuti puluhan peserta dari Bakamla RI yang berdinas di Kapal Negara dan Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Tengah dan Timur. Kemudian peserta dari Kementerian dan Lembaga terkait seperti TNI AL, Polair, PSDKP, KPLP dan Bea Cukai.

Turut menghadiri pembukaan Latihan Bersama Deputi Inhuker Bakamla RI Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S, Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakmla Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han), Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si. (Han), Kepala Unit Penindakan Hukum Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.I.K., M.Si., M.H., Direktur Penelitihan dan Pengembangan Bakamla RI Laksma Bakamla Oki Samudra dan Direktur Kerjasama Bakamla RI Laksma Bakamla Purwanto Djoko P.

Adapun perwakilan dari K/L terkait Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Dr Pung Nugroho, Polair AKBP Norman Tri Sapto Narfati, TNI AL Letkol Laut (P) Rivo, Bea Cukai Bapak Prijo serta narasumber atau pengajar dari BNN Kompol Yoyok Budiarto dan AKP Heris Setya.

(Humas Bakamla RI)

No More Posts Available.

No more pages to load.