Rahmat Aminudin: Selamat Hari Batik Nasional

Kabar7News, Jakarta – Selamat Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan ini terjadi ketika batik memperoleh pengakuan dunia pada tahun 2009 dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

“Batik itu punya kita. Sehingga warisan budaya ini jangan sampai diambil oleh asing,” ungkap Rahmat Aminudin SH MM dalam wawancara dengan beberapa awak media di tempat kerjanya yang beralamat di Jalan Tomang Rawa Kepa Utama No. 22C Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (2/10/2021).

Rahmat yang berprofesi sebagai Advokat dan Konsultan Hukum pada Firma Hukum Investigasi Bhayangkara Indonesia (Firma Hukum IBI) mengatakan bahwa tepat pada 2 Oktober 2021 ini, masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional, bahkan dengan keunikan dan ciri khasnya membuat batik sebagai maha karya yang diakui dunia sehingga perlu dijaga kelestariannya.

Dikutip dari laman kemendikbud.go.id, pada 2 Oktober 2009, Batik menggema pertama kali di ruang sidang Unesco yang bertempat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguard of the Intangible Cultural Heritage, batik resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) milik Indonesia, menyusul keris dan wayang sebagai pendahulunya.

“Pengakuan dunia ini sepatutnya membuat bangsa Indonesia bangga akan budaya batik dan melestarikan keberadaan batik agar semakin dikenal luas,” ucap Rahmat yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Organisasi Masyarakat Garuda Pengawal Merah Putih (Waketum GARDAPATIH).

(**)

No More Posts Available.

No more pages to load.