Tingkatkan Kualitas Penelitian, Kadislitbangad Buka Penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA. 2023

Kabar7News, Jakarta – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, membuka acara penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA. 2023 berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 18 s.d . 20 Agustus 2021 di Madislitbangad, Rabu (18/8/2021).

Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa penelitian dan pengembangan Angkatan Darat merupakan salah satu fungsi khusus TNI AD yang bersifat melekat di setiap satuan TNI AD dan memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan modernisasi TNI AD baik dalam aspek insani, sistem, metode dan materiel. Sesuai fungsi tersebut, setiap tahun jajaran Litbang Balakpus dan Kotama TNI AD melaksanakan program kegiatan Litbanghan baik Litbang Materiel maupun Litbang Insani dan Sismet yang diawali dari penyusunan dan pengajuan Konsep Ide Penelitian (KIP) dilanjutkan pembuatan proposal Litbang.

“Untuk menjamin kualitas penelitian dan optimalisasi kegiatan Litbanghan, baik materiel, insani maupun sismet diperlukan pembinaan fungsi Litbang secara terus menerus. Pembinaan fungsi Litbang kepada para penggiat Litbang Balakpus dan Kotama TNI AD dilaksanakan oleh Dislitbangad selaku LKT fungsi litbang dalam bentuk kegiatan penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA. 2023 agar kegiatan litbang dapat berjalan lancar, optimal dan memenuhi kaidah-kaidah ilmiah, ” ujarnya.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TNI AD TA. 2023 diselenggarakan dalam rangka menyeleksi dan menguji Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan TA. 2023 yang diajukan oleh badan pelaksana Litbang dan unsur Litbang Balakpus TNI AD, guna menentukan apakah kegiatan Litbanghan tersebut layak dan memenuhi syarat untuk diprogramkan pada rencana kerja dan anggaran TNI AD TA. 2023, dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menilai apakah kegiatan Litbanghan yang diusulkan oleh badan pelaksana Litbang dan unsur Litbang Balakpus TNI AD memiliki manfaat bagi prajurit dan satuan dalam mendukung pelaksanaan tugas, serta apakah hasil litbang mampu memberikan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh satuan. Berdasarkan hasil penilaian, maka Konsep Ide Penelitian(KIP) yang lolos seleksi dan memenuhi syarat akan dilanjutkan pada tahapan kegiatan berikutnya yaitu penilaian proposal yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Januari TA. 2022.

“Untuk menjamin obyektifitas penilaian, Dislitbangad sebagai penyelenggara telah menyiapkan personel yang memiliki komitmen dan integritas yang tinggi untuk bertindak sebagai tim penilai. Saya menaruh harapan besar kepada para penilai untuk mampu bekerja secara profesional dan independen sehingga mampu memberikan penilaian secara obyektif, untuk meningkatkan kualitas penelitian melalui penilaian KIP Litbanghan Balakpus, ” sambungnya.

Di akhir sambutannya, Kadislitbangad memberikan penekanan untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TNI AD TA. 2023 yaitu Pertama, laksanakan kegiatan penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TNI AD TA. 2023 secara profesional, obyektif, dan independen sehingga dapat dihasilkan konsep ide penelitian (KIP) yang betul-betul berkualitas. Kedua, berikan saran dan masukkan yang konstruktif kepada Puscabfung/Balakpus TNI AD guna penyempurnaan konsep ide penelitian (KIP) yang diusulkan. Ketiga, konsep ide penelitian (KIP) yang dinyatakan layak, dan memenuhi syarat agar segera ditindaklanjuti dengan penyiapan pembuatan proposal sebagai antisipasi kegiatan penilaian proposal yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2022.

Hadir pada penilaian Konsep ide penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA 2023 tim peninjau dari Paban III/Litbang Asro Srenum, Paban III/Litbang Asro Srenad, Irut III Litbang Asri Itren Itben Irjenad dan para pemapar dari penggiat Litbang Balakpus dan Kotama TNI AD.

(Dispenad)

No More Posts Available.

No more pages to load.